Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

Gagal Jantung Kongesti pada Anjing (CONGESTIVE HEART FAILURE)

Gagal jantung adalah keadaan patologis akibat jantung tidak dapat menjalankan fungsinya untuk memompa darah secara adekuat dalam memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh, termasuk oksigen dan nutrisi. Gagal Jantung Kongesti bukan  diagnosa tetapi ternyata adalah gejala awal dari penyakit utama lainnya yang terjadi pada jantung.
Gagal jantung bisa terjadi karena kebutuhan metabolisme tubuh meningkat seperti pada kondisi hipertiroidisme atau anemia, atau karena curah jantung itu sendiri yang berkurang, biasanya kondisi karena kelainan katup pada ventrikel kiri atau kanan atau keduanya.
Akibat fungsi jantung yang tidak optimal akan terjadi bendung pada arteri dan vena pulmonum. Bendung itu akan mengakibatkan terjadinya bendung pada paru-paru (oedema pulmonum), ascites atau oedema sub kutan. Pada anjing akan menunjukkan gejala batuk, hendaknya dilakukan pemeriksaan jantung secara seksama. Mungkin satu gejala tersebut merupakan tanda-tanda CHF.
Pada anjing, gejala batuk penderita CHF lanjut sangat khas. Bunyi batuk diakhiri kondisi seperti mau muntah, tetapi tidak ada yang dikeluarkannya. Pada pemeriksaan rongga mulut dan palpasi tenggorokan tidak ditemukan kelainan apa-apa. BAtuk akan lebih sering muncul pada malam hari, terutama menjelang pagi.
Gagal jantung ini semestinya juga menjadi perhatian para pemilik anjing jika menemukan gejala batuk, mudah lelah,cemas, gelisah diwaktu malam serta nafas tersengal-sengal. Jika seekor anjing menunjukkan gejala tersebut, maka dokter hendaknya melakukan pemeriksaan kearah penyakit jantung.
Resiko penyakit pada anjing meningkat seiring bertambahnya umur, rata-rata peningkatan 60% pada anjing usia tua. Sedangkan pada kucing, diagnosa penyakit jantung sangat sulit ditemukan, karena tidak menunjukkan gejala klinis .

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

mohon bantuan nya dokter, anjing sy mengalami hal yang sama. Obat apa yg diberikan utk penyakit spt ini. trima kasih. Erwin

drh. Harjono mengatakan...

Maaf pak... tingal dimana?? sudah hubungi dokter hewan terdekat belum? hubungi no hp saya aja kalo ada yang mau ditanyakan. terimakasih :)

Posting Komentar