Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

ANJING MONORCHISM

Monorchism adalah kondisi anjing hanya memiliki satu testis dalam kantung skrotum. Ini disebabkan oleh beberapa hal, bisa karena faktor ketrurunan dan asupan gizi yang kurang dari induk saat menyusui anakan.
Permasalahan Monorchism dapat diketahui sedini mungkin, dapat diketahui saat anakan berusia sekitar 3 minggu.
Pemeriksaan dapat dilakukan dengan menggunakan tangan, untuk menentukan apakah anakan yang dilahirkan itu mengalami permasalahan testis turun satu, tetapi biasanya bagi orang awam baru diketahui pada umur 6 bulan.
Agar permasalahan Monorchism ini tdak terjadi pada anjing peliharaan, hal yang perlu dilakukan adalah menjaga asupan air susu induk pada anakan anjing.Jika salah satu anakan kurang mendapat asupan air susu, sebaiknya memberikan air susu tambahan untuk anakan anjing tersebut. Jika tidak dilakukan, maka presentasi terjadinya permasalahan Monorchism akan lebih
besar.


Perhatian pada indukan juga harus diberikan terutama dalam hal asupan makanan, agar produksi air susu pada induk tidak mengalami gangguan.
Permasalahan lainnya adalah masa perkawinan anjing, Sebaiknya usia jantan lebih tua daripada indukan. Sel sperma anjing jantan yang berusia lebih tua akan lebih kuat serta lebih berkualitas dalam proses pembuatan.
Monorchism bisa ditangani dengan beberapa cara :

1. Operasi penarikan testis dengan meletakkannya kembali di kantung skrotum.

2. Upaya yang lebih efektif adalah dengan cara pijat. Upaya ini dapat dilakukan kalau testis sudah dapat dirasakan di saluran tetapi tidak turun ke rongga skrotum. Upaya pemijatan akan lebih membantu.
Sebelum pemijatan sebaiknya terlebih dahulu menggosok perut anjing bertujuan untuk mrnimbulkan kondisi rileks pada anjing. Usap pelan dan pasti di bagian perut bawah anjing, hingga menemukan benjolan di saluran menuju kantung skrotum. Pijat dengan santai dan pasti.
Pemijatan dilakukan berkala selama dua menit, lakukan dengan lembut menggunakan jari-jari, jangan terlalu keras dan kasar. Efek pemijatan memang tidak bisa terlihat instan. Butuh kesabaran dan ketelatenan. :)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar