Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

MEMELIHARA ANJING COLLIE

Jika ingin memelihara anjing collie didalam rumah sejak dini mesti dilatih supaya tidak buang kotoran sembarangan, paling tidak sejak berumur 2.5 bulan, harus sudah mulai dilatih.Dalam melatih  etika, harus tega dan tegas .Jika tidak, anjing akan kembali pada kebiasaan lamanya. Seperti buang air besar dan kecil sembarangan.
Mula-mula collie diajari untuk membuang kotoran di tempat yang disediakan di depan teras rumah. Satu dua kali anak anjing itu belum terbiasa membuang kotorannya di tempat itu, masih bisa dimaklumi. Tapi kalau sampai beberapa lama belum mengerti juga, kita harus tega dan tegas mendidiknya. Kalau tidak, kebiasaan buruk itu akan terbawa sampai collie tumbuh besar kelak.
Bila sembarangan buang air kecil, hidung si anjing akan diciumkan pada tempat yang dikencinginya dan ditambah dengan sedikit pukulan.
Pukulan cukup dengan menggunakan tangan, dengan tidak menimbulkan rasa sakit berlebihan pada anjing.
Namun "hukuman keras" itu diimbangi dengan memberikan sentuhan, mengelus dan mengajaknya bermain. Dengan begitu collie tetap merasa nyaman bersama kita.
Lama-lama anjing akan mengerti kebiasaannya itu tidak baik. Tapi memang butuh waktu lama untuk bisa mengerti. Terkadang sampai umur 7-8 bulan, anjing masih melakukan kebiasaan buruknya.  Biasanya Collie baru akan benar-benar bisa membuang kotorannya di tempat yang tersedia pada usia di atas 1 tahun.



PERAWATAN :
Yang perlu diperhatikan adalah kukunya, meski si anjing tidak bermaksud mencakar, tapi karena kukunya panjang dan tajam, bisa melukai. Kebersihan tubuh anjing juga harus jadi prioritas utama. Maklum, anjing collie tinggal bersama keluarga.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar